Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Baca juga


Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? - Bagi seorang blogger pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah link juice, yaitu kekuatan otoritas inbound link "masuk" ke dalam situs kita. Inbound link tersebut dapat membantu situs kita menduduki peringkat yang bagus di search engine jika mendapatkan link juice yang cukup dan kompetitif dan juga kata kunci yang digunakan dari situs pihak ketiga untuk outbound linknya (link keluar) menggunakan kata kunci yang sama/ relevan. Dengan demkian akan membantu search engine memastikan bahwa situs kitatersebut memiliki kualitas dan relevansi untuk menempati peringkat tinggi di hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing. 

Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Beberapa praktisi SEO mengatakan, bahwa link juice tidak akan di hitung jika tidak mendapatkan klik. Tapi berdasarkan pengalaman saya link juice tetap lulus dan dihitung walaupun tidak diklik. Contohnya adalah link spam tetap menjadi backlink padahal tidak pernah mendapatkan klik dan tetap terindex oleh Google. Hanya saja jika link yang ditanam tersebut mendapatkan klik akan lebih cepat terindex karena boot google, sedangkan jika link yang kita tanam tidak mendapatkan klik tetap terindex meskipun akan lebih lama.

Banyak yang mengatakan kalau link juice ini yang menentukan pagerank google dan banyak juga yang mengatakan kalau link juice ini strategi seo yang ampuh dan permanen untuk seo offpage. Jika diperhatikan link juice mempunyai keunikan tersendiri dan juga mempunyai kelompok-kelompok sendiri yang akhirnya link itu akan mengalir dengan sendirinya ke website yang dioptimasi.



Ada 2 cara untuk mendapatkan link juice dari situs pihak ketiga antara lain :
  1. Usaha langsung berhubungan dengan strategi link building seperti melakukan submit di social bookmark, blogwalking, guestbook, share di media sosial, berkomentar di forum dan sebagainya.
  2. Usaha tidak langsung diperoleh dari menyajikan konten yang berkualitas di situs kita. Ini bukan cara yang mudah dilakukan, namun cara ini terbilang jitu karena tanpa kita membangun backlink, kita tetap mendapatkan backlink secara gratis dan berkualitas alami yang diberikan oleh pembaca situs kita.
Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?


Bagaimana Mengukur Kekuatan Link Juice?

Tolak ukurnya dapat dilihat dari tingkat kepopuleran sebuah website tersebut, semakin populer website tersebut maka akan memiliki nilai Link Juice yang tinggi. Tingkat kepopuleran sebuah website dapat dihitung dari jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki oleh website tersebut.
Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Link juice dan backlink tidak akan bernilai sama. karena algoritma google akan mencari tahu backlink yang bagus dari outbound pihak ketiga tergantung pada popularitas halaman website dan kemudian dibagi dengan berbagai outbound link yang mengarah ke berbagai situs. Jadi, jika kita mendapatkan inbound link dari website yang memiliki outbound link banyak akan di bagi sama rata dengan website yang di hubungkan tanpa mengurangi jumlah backlink yang dimiliki website tersebut.
Baca juga : 3 Langkah Mudah Membangun Backlink berkualitas
Banyak praktisi SEO yang menyimpulkan bahwa membangun backlink lebih bagus menggunakan blog dummy dari pada melalui guestbook atau forum. Itu karena blog dummy hanya akan mengarahkan ke satu link yaitu situs utama Anda, namun jika Anda membangun backlink melalui guestbook dan forum, Anda harus rela berbagi backlink dari situs yang lain. 

Barangkali itu yang sedikit ulasan tentang link juice dan bagaimana cara mendapatkannya, jika ada yang bisa menambahkan, silahkan tulis dikomentar, untuk menambah wawasan kita semua bersama. Salam

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Apa Itu Link Juice dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?"

Post a Comment

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.